. Ir. Dheka Esti Rahayu: Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Ir. Dheka Esti Rahayu

ditujukan untuk semua para pembaca yang selalu mengapresiasikan dirinya dalam cinta

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Program Studi

Seni Rupa S-1

Program studi Seni Rupa merupakan program bidang seni yang diawali dari pemahaman tradisi “Fine Art” yakni sebuah wacana yang bersumber dari modernisme. Dalam perjalanannya kemudian dikembangkan dalam kesadaran nilai-nilai lokal dan global.

Program studi seni rupa tidak bertujuan praktis, tetapi berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Lingkup pendidikan seni rupa secara garis besar memberikan kemampuan berlatih dan belajar berpikir melalui penalaran deduktif dan induktif secara rupa dengan menggunakan logika rupa yang menghubungkan kepekaan dan struktur, proses kreatif dan sistim perancangan serta kaidah estetik serta pengembangan pada kemampuan keterampilan dan penguasaan bahan serta teknik penunjangnya.

Kriya S-1

PROGRAM STUDI KRIYA
Bidang keilmuan yang mempelajari pengetahuan dan keterampilan berkarya rupa yang bertolak dari pendekatan medium, kepekaan estetik, kebutuhan keseharian (utiliatrian) dan mengandalkan keterampilan manual (manual dexterity). Hasil karya kriya dapat mengandung nilai keunikan konseptual, tema, imajinatif, emosional dan inderawi (visual, tactile, olfactory).

Desain Komunikasi Visual S-1

Program studi Desain Komunikasi Visual adalah program studi yang berlandaskan pada ilmu desain berbasis komunikasi visual dan estetika yang memanfaatkan serta memberdayakan elemen-elemen visual/rupa sebagai alat untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan suatu pesan atau informasi yang akan dikomunikasikan agar pesan tersebut dapat mempengaruhi dan merubah perilaku sasaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan, secara informative, komunikatif dan persuasive melalui pemahaman yang baik mengenai budaya rupa Nusantara. Sejalan dengan ilmu desain, dimana penemuan dimungkinkan melalui jalur praktika dan teori, maka program studi ini menyelenggarakan program sarjana yang merujuk pada penelitian melalui praktika.

Desain Interior S-1

Program studi Desain Interior adalah salah satu bidang studi keilmuan yang diasarkan pada ilmu desain. Bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun non fisik, sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Ada tiga hal utama yangmenjadi kajian dalam desain interior, yaitu ruang, alat dan manusia penggunanya.

Desain Produk S-1

Pada tahun 1972, pendidikan tinggi Desain Produk mulai dirintis di ITB, melalui pendirian Studio Desain Produk. Merupakan pendidikan tinggi Desain Produk pertama di Indonesia.

Pada tahun 1996, Studio Desain Produk – ITB, mendaftarkan diri dan diterima menjadi anggota ICSID (International Council of Society of Industrial Design). Pada tahun yang sama, Imam Buchori Zainuddin, salah seorang dosen di Studio Desain Produk, diangkat menjadi Guru Besar untuk bidang Desain Produk di ITB.

Program Magister Seni Rupa

Program magister Seni Rupa merupakan program studi lanjut strata 2 bidang studi seni rupa. Program magister Seni Rupa telah terakreditasi dengan peringkat Akreditasi U ( unggulan ) berdasarkan SK Badan Akreditasi Perguruan Tinggi No: 025/BAN-PT/Ak-I/S2/IX/2000.

Program studi magister seni rupa menyelenggarakan dua jalur pilihan atau minat utama, yaitu :

  • Jalur Kekaryaan / Proyek Akhir
  • Jalur Teori / Jalur Tesis.

Program Magister Desain

Program magister Desain merupakan program studi lanjut strata 2 bidang desain.
Program magister Seni Rupa telah terakreditasi dengan peringkat Akreditasi U (unggulan) berdasarkan SK Badan Akreditasi Perguruan Tinggi No : 025/BAN-PT/Ak-I/S2/IX/2000
Program studi magister desain menyelenggarakan dua jalur pilihan atau minat utama, yaitu :

  • Jalur Minat Desain yang berorientasi pada keilmuan profesi,
  • Jalur Minat Teori Desain yang berorientasi pada penelitian atau riset.


Program Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain

Program doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain merupakan lembaga tertinggi dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan Ilmu Seni Rupa dan Desain. Bidang ilmu yang tercakup di dalamnya merupakan pendalaman atas rentang ilmu-ilmu seni rupa (seni lukis, seni grafis, seni patung dan seni keramik) dan ilmu-ilmu desain (desain produk, desain interior, desain komunikasi visual dan kriya) Ilmu seni rupa merupakan sari pegetahuan dan praktik seni rupa ditinjau dari aspek kreasi, diseminasi, persepsi, dan apresiasi.

Tahap Persiapan Bersama

TPB FSRD merupakan sebuah program pengajaran di tingkat dasar yang berpedoman pada tujuan pendidikan:
- Memberikan pemahaman ilmu-ilmu dasar seni rupa melalui Rupa Dasar dan Menggambar yang merupakan landasan bagi perkuliahan did tingkat program studi
_ Memberikan pengalaman dan wawasan yang lebih luas tentang program studi kepada peserta didik sebelum mereka masuk ke program studi
- Menjadi wahana adaptasi budaya akademik yang sangat berpengaruh terhadap proses perkuliahan did ITB

Website TPB

0 komentar:

Posting Komentar

welcome to the new world